» » » Pasaman Barat Butuh Penambahan Penyuluh Agama

SIMPANG AMPEK, MIMBARPENYULUH.com — Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, membutuhkan penambahan penyuluh agama di setiap nagari atau desa yang ada.

"Hingga saat ini penyuluh agama hanya ada 107 orang. Idealnya penyuluh agama seharusnya sesuai dengan jumlah nagari yang ada yakni sekitar 212," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Abdel Haq di Simpang Ampek, Rabu (15/5).

Dia mengatakan, keberadaan penyuluh agama sangat penting artinya dalam upaya pembinaan agama kepada generasi muda. Penyuluh agama merupakan garda terdepan dalam upaya meningkatkan pemahaman agama kepada generasi selanjutnya.

"Untuk Pasaman Barat memang sudah ada da'i nagari yang ada. Namun agar pembinaan agama lebih maksimal maka penambahan penyuluh agama sangat penting," ujarnya.

Menurutnya pihaknya telah mengusulkan kepada pemerintah pusat melalui Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumbar untuk penambahan penyuluh agama.

"Kerja penyuluh agama lebih diarahkan ke pembinaan TPA/MDA yang ada di setiap kejorongan. Mereka langsung mendapatkan honor dari pemerintah pusat Rp300 ribu dalam satu bulan," jelasnya.

Dia menjelaskan peran penyuluh dalam membina masyarakat dibidang agama sangat penting. Tanpa adanya penyuluh, pembinaan agama dari tingkat kabupaten hingga desa akan terhambat.

Meskipun demikian, katanya, tidak menghambat program rutin dari Depag Pasaman Barat di dalam melakukan pembinaan agama. Program pemberdayaan penyuluh agama di setiap kenagarian merupakan program rutin yang selalu dilakukan.

Untuk memaksimalkan penyuluh yang ada maka Kementerian Agama Pasaman Barat memberdayakan KUA yang ada di setiap nagari atau jorong.

KUA bertugas untuk melakukan pembinaan yang dipandu langsung oleh kabupaten dalam bentuk buku-buku panduan.

Salah satu bentuk kegiatan yang diberikan adalah pembinaan secara langsung kepada masyarakat. Baik dalam bentuk ceramah-ceramah dan melalui TPA/MDA.

"Diharapkan peran TPA/MDA akan mampu menanamkan nilai-nilai Islam di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, saat ini Pasaman Barat memiliki da'i-da'i nagari yang tersebar di setiap nagari. Hal itu sesuai dengan visi misi Bupati Pasaman Barat yang ingin membangun Pasaman Barat di atas tadah agama," katanya. (Ant/aktual.co)


======

Install aplikasi android Mimbar Penyuluh dari Playstore untuk update informasi Kementerian Agama dan Penyuluh Agama secara mudah dan praktis.

About Admin

Abu Rasyidah Judi Muhyiddin, Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi | Pin BB 73ca04f3 | Whatsapp 081315609988 | email salampenyuluh@gmail.com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply