» » » SMAN 1 Kamang Terapkan ‘One Day One Ayat’

BUKITTINGGI, MIMBARPENYULUH.com — Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kecamatan Tialatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatra Barat menerapkan program “One Day One Ayat”. Program ini digalakkan bagi seluruh siswa untuk menghafalkan Al Quran.

“Program ini merupakan kerja sama Kementerian Agama (Kemenag) dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Agam,” kata Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum SMAN 1 Neli Hayati, Rabu (20/3).

Dia mengatakan, meski SMAN 1 bukan sekolah berbasis agama, tetapi pihak sekolah ingin para siswanya menjadi generasi beriman dan bertakwa.

“Jika dalam satu hari seorang siswa bisa menghafal satu ayat maka dalam satu bulan 30 ayat Al Quran sudah dihafal. Jadi program ini bertujuan supaya para siswa hafal Al Quran,” katanya.

Pola ini dilakukan dengan cara ayat Al Quran yang sudah bisa dihafal oleh siswa setiap harinya diperdengarkan kepada guru masing-masing.

“Untuk siswa kelas satu ditargetkan bisa menghafal satu sampai empat juz dalam satu tahun dan untuk siswa kelas dua ditargetkan bisa menghafal satu sampai lima juz. Sementara untuk siswa kelas tiga ditargetkan bisa menghafal satu sampai enam jus,” katanya.

Dia menyebutkan, agar hafalan itu tidak hilang, pada akhir semester siswa akan diminta kembali memperdengarkan hafalannya. [tajuk.co]

About Admin

Abu Rasyidah Judi Muhyiddin, Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi | Pin BB 73ca04f3 | Whatsapp 081315609988 | email salampenyuluh@gmail.com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply