» » LP2A Kelurahan Jebres Gelar Workshop Manajemen Masjid



SOLO, MIMBARPENYULUH.com – Lembaga Pendidikan dan Pengamalan Agama Islam (LP2A) kelurahan Jebres, bekerjasama dengan takmir masjid Nurul Huda UNS, menyelenggarakan Workshop Manajemen Masjid, di masjid Nurul Huda Kampus UNS, Solo, Minggu (29/3/2015).

Menurut Panitia Penyelenggaran, Ir H Isa Anshori, kegiatan diikuti 200 peserta dari para takmir dan pengurus remaja masjid, tidak hanya dari kelurahan Jebres, namun juga dihadiri takmir masjid diwilayah kecamatan Jebres dan sekitarnya.

Tujuan penyelenggaraan workshop untuk membuka wacana dan membekali ketrampilan para takmir dan remaja masjid dalam mengelola masjid, Taman Pendidikan Al Quran (TPA), serta kegiatan-kegiatan kemasjidan lainnya secara modern dan professional, sejalan dengan Al Qur’an dan Al Hadist.

Ketua LP2A kelurahan Jebres, Drs H Bangun Sugito, SE MM juga menambahkan, “Sudah saatnya masjid dikembalikan pada fungsinya sebagaimana jaman Nabi Muhammad SAW dan para sahabat, masjid adalah pusat peradaban umat. Sayangnya saat ini sebagian besar masjid hanya difungsikan untuk kegiatan ritual semata, yaitu sholat lima waktu dan sholat Jumat”.

Tampil sebagai narasumber workshop, Ustdz Nasrulloh Jumadi, penulis buku 5 Langkah Mudah Membentuk & Mengoptimalkan Baitul Maal Masjid dan Ustdz Suharyanto, SE takmir masjid Jogokaryan, Yogyakarta.

Ustadz Nasrulloh Jumadi mengungkapkan, potensi ekonomi di masjid-masjid sangat besar , namun sayangnya selama ini belum dimanfaatkan secara optimal untuk kemaslahatan umat , seperti menanggulangi kemiskinan, menyantuni yatim piatu dan menggerakkan ekonomi umat.

“Dana di masjid yang bersumber dari infaq, zakat dan shodaqah (ZIS) sangat besar, sayangnya dananya hanya disimpan di bank, tidak dioptimalkan, padahal itu adalah dana umat, yang diamanatkan untuk dikelola bagi kemaslahatan, akhirnya sering kali ZIS justru menjadi sumber fitnah.


Editor : Marhaendra Wijanarko
Sumber : www.timlo.net

About Admin

Abu Rasyidah Judi Muhyiddin, Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi | Pin BB 73ca04f3 | Whatsapp 081315609988 | email salampenyuluh@gmail.com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply