» » » Pokjaluh Kabupaten Magelang Meluncurkan Program Penyaluran Zakat Produktif


MAGELANG, MIMBARPENYULUH.com -- Berangkat dari niat memberdayakan masyarakat binaan secara ekonomi, Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam (Pokjaluh) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang meluncurkan (launching) Program Penyaluran Zakat Produktif. Salah seorang penyuluh, Azizah Herawati, menjelaskan bahwa secara proaktif pokjaluh menghimpun zakat profesi dan infaq para penyuluh di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Magelang. Dari dana zakat dan infaq yang terkumpul tidak langsung diberikan secara tunai kepada mustahiq, melainkan diwujudkam dalam bentuk usaha produktif. Sebagai contoh, pada kesempatan perdana ini dana yang terhimpun dibelikan lima ekor kambing. Selanjutnya kambing-kambing tersebut akan diserahkan kepada para mustahiq dengan kesepakatan akan dipelihara dengan sistem 'gadoh', di mana mustahiq berhak mendapatkan bagi hasil ke depannya.

Sebagai pemerataan lima ekor kambing yang ada didistribusikan kepada lima orang di lima kecamatan yaitu Kecamatan Salaman, Kajoran, Kaliangkrik, Srumbung dan Sawangan. "Saat ini memang baru lima ekor, karena ini memang perdana, hanya dari zakat profesi dan infaq temen-temen penyuluh, " ungkap Azizah. Namun ke depannya, peraih peringkat ketiga nasional Seleksi Penyuluh Agama Islam Teladan 2015 ini, berharap bisa meningkat seiring dengan dukungan dari seluruh jajaran pegawai di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Magelang.

Acara launching sendiri dilaksanakan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Salaman, dengan dihadiri Camat dan unsur Muspika, Penyelenggara Syariah Kantor Kemenag Kabupaten Magelang, para penyuluh agama Islam, beberapa Kepala KUA dan perwakilan para mustahiq.



Hadir dan me-launching secara resmi, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Magelang, H. Kudaifah. Dalam sambutannya kepala kemenag mengapresiasi inisiatif para penyuluh menghadirkan program ini dan berharap bisa menjadi contoh bagi yang lain serta memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat khususnya mereka yang kurang mampu di wilayah Kabupaten Magelang. ***

About Admin

Abu Rasyidah Judi Muhyiddin, Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi | Pin BB 73ca04f3 | Whatsapp 081315609988 | email salampenyuluh@gmail.com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply