» » » Pokjaluh Jawa Tengah lakukan Kunjungan ke Kemenag Kota Bandung

BANDUNG, MIMBARPENYULUH.com — Suara Alunan kecapi suling dan tembang sunda yang dialunkan oleh paduan suara para penyuluh Kota Bandung mengiringi kedatangan tamu undangan dari rombongan kelompok kerja penyuluh agama Kementerian Agama provinsi Jawa Tengah, Aula Kementerian Agama Kantor Kota Bandung, Jln. Soekarno-Hatta No. 498, Selasa (04/12). Dalam kunjungan ini sebanyak 140 penyuluh agama islam dari kabupaten/kota provinsi jawa tengah mengadakan kunjungan kerja dalam rangka studi banding ke pokjaluh provinsi jawa barat.

Dalam laporannya ketua pokjaluh Jawa Barat, Drs. H. Sutris, menyambut gembira dan menyampaikan selamat datang kepada rombongan pokjaluh provinsi Jawa Tengah yang telah bersilaturahim ke Kemenag kota Bandung, yang secara geografis cukup jauh untuk suatu maksud mulia melakukan studi banding. Studi banding ini penting, lanjutnya, dikarenakan tugas penyuluh agama sekarang dihadapkan pada suatu kondisi masyarakat yang berubah secara akseleratif yang mengarah pada masyarakat fungsional, masyarakat teknologis, masyarakat saintifik dan masyarakat terbuka. Untuk itu, tambahnya, setiap penyuluh agama secara terus-menerus perlu meningkatkan pengetahuan, wawasan dan pengembangan diri, dan perlu memahami visi penyuluh agama serta menguasai secara optimal terhadap materi penyuluhan agama itu sendiri. Oleh karena itu, menghadapi kondisi ini, lanjutnya, seorang penyuluh harus menyusun strategi yang tepat dalam pelaksanaan tugas kepenyuluhannya, tegas ketua pokjaluh jawa barat ini.

Sementara itu, Kepala Seksi Kepenyuluhan dan Lembaga Dakwah Kanwil Kemenag Prov.Jawa Tengah, H. Ahmad Suwandi, dalam sambutan baliknya mengatakan, sangat terkesan atas sambutan luar biasa dari para penyuluh jawa barat. Pada intinya kedatangan para penyuluh Jawa Tengah ini selain bersilaturahim juga ingin menegaskan keberadaan penyuluh agama di lingkungan kementerian supaya lebih diakui eksistensinya, dikarenakan potensinya sangat besar namun belum banyak diperhatikan oleh pemerintah.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan ekpose pokjaluh Jawa Barat oleh sekretaris umum pokjaluh Jawa Barat, Ihsan Faisal,M.Ag. bersama ketua umum Pokjaluh Provinsi Jawa Tengah, Eko Wijiyono,S.Th.I, yang masing-masing memberikan pandangannya tentang eksistensi para penyuluh agama di lingkungan Kementerian Agama ini. keduanya sepakat untuk sesegara mungkin untuk mengangkat keberadaan para penyuluh agama di seluruh Indonesia dengan mendirikan pokjaluh tingkat nasional.

Setelah selesai acara di Kantor Kementerian Agama Kota Bandung, rombongan melanjutkan perjalannya menuju pusat dakwah islam (pusdai) Jawa Barat, guna melakukan studi banding tentang potensi keunggulan dakwah yang ada di Jawa Barat.

Reportase : NANDANG KUSNANDAR,S.AG
http://jabar.kemenag.go.id

About Admin

Abu Rasyidah Judi Muhyiddin, Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi | Pin BB 73ca04f3 | Whatsapp 081315609988 | email salampenyuluh@gmail.com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply