» » Asesmen Jabatan Fungsional Penghulu dan Penyuluh Dimulai Tahun Ini

JAKARTA, MIMBARPENYULUH.com — Dalam rangka mewujudkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional, akuntabel dan berwibawa, Ditjen Bimas Islam sedang menyiapkan SKP dan Asesmen Jabatan Fungsional Penghulu dan Penyuluh Agama Islam.

Dalam arahannya, Dirjen Bimas Islam, M. Machasin, pada rapat beberapa waktu lalu di Ruang Sidang Dirjen Bimas Islam lantai 4 Gedung Kementerian Agama Jl. M. H. Thamrin (10/2), menyampaikan bahwa sebagai instansi pembina dari jabatan profesional penghulu dan penyuluh agama Islam, Ditjen Bimas Islam bertanggungjawab untuk melakukan pembinaan kepada kedua jabatan tersebut.

“Penghulu dan Penyuluh Agama Islam itu harus sejajar dengan Aparatur Sipil Negara umum lain dan Jabatan Fungsional Tertentu lain dalam hal kualitas, kapasitas dan kompetensi”, tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kasubag Asesmen Jabatan Struktural, Wildan Syadzili, menambahkan pelaksanaan asesmen dirasa sangat penting untuk memotret peta potensi pemangku Jabatan Fungsional Penghulu dan Penyuluh Agama Islam yang ada pada saat ini.

“Asesmen ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dan kualitas pemangku Jabatan Fungsional Penghulu dan Penyuluh”, ujarnya.

Pelaksanaan asesmen hendaknya berpedoman pada PMA No 207 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Asesmen Kompetensi bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Agama dan Perka BKN No 23 Tahun 2011 tentang Pedoman Penilaian Kompetensi Pegawai Negeri Sipil.

Kasubag Asesmen Jabatan Fungsional, Syahruddin, juga menyampaikan,“Asesmen akan dimulai pada tanggal 1 April 2015, dan sebelum asesmen dimulai Standar Kompetensi Jabatan harus diselesaikan lebih dahulu, karena dasar penilaian asesmen adalah Standar Kompetensi Jabatan”, ujarnya.

Oleh karena itu, imbuhnya, Ditjen Bimas Islam hendaknya segera menyusun Standar Kompetensi Jabatan Penghulu dan Penyuluh secara proposional dan sesuai dengan peraturan perundangan dan selanjutnya membuat jadwal pelaksanaan asesmen jabatan Penghulu dan Penyuluh Agama Islam.

Hadir pada kesempatan tersebut, Dirjen Bimas Islam, Machasin, Sekretaris Ditjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin, Kasubag Asesmen Jabatan Fungsional Syahruddin, dan Kasubag Asesmen Jabatan Struktural, Wildan Syadzili, serta para peserta kegiatan yang terdiri dari Kasubdit, Kasi dan staf penghulu dan penyuluh. (rita/foto:ilustrasi)


See more at: http://bimasislam.kemenag.go.id/


About Admin

Abu Rasyidah Judi Muhyiddin, Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi | Pin BB 73ca04f3 | Whatsapp 081315609988 | email salampenyuluh@gmail.com
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply